Minggu, 28 April 2013

PERTEMUAN 7 : SELF LEADERSHIP

      Setelah 2 minggu tidak belajar Psikologi Industri pada hari rabu kemarin saya belajar Psikologi Industri yang di bimbing oleh Pak Seta Nugroho dengan motivasi - motivasi yang beliau bawakan .
Pada pertemuan ke 7 beliau memberikan beberapa pertanyaan kepada kami ,ini adalah pertanyaannya :
1. Apa arti kepemimpinan
bagi Anda?
2. Apa perbedaan
kepemimpinan dan pemimpin ?
3. Siapakah tokoh pemimpin
yang Anda idolakan?
4. Apa alasan Anda
mengidolakan tokoh tersebut?
5. Apa perbedaan pemimpin
dan menejer?
Dan ini lah jawaban dari saya untuk pertanyaan tersebut :
1. Kepemimpinan adalah sifat dan sikap seseorang untuk memimpin.
2. Kepemimpinan adalah suatu sikap dan sifat dalam diri seseorang,
Pemimpin adalah Seseorang yang memimpin.
3. Tokoh Idola saya adalah Ir.Soekarno.
4. Karena beliau adalah sosok seorang pemimpin yang bijaksana,dekat dengan rakyat, dan di segani oleh pemimpin - pemimpin bangsa lain.
5. Pemimpin : orang yang memimpin suatu organiasasi atau yang umum
Manager : Seorang pemimpin dalam dunia pekerjaan.

     Pak Seta menanyakan beberapa orang dari kami siapa tokoh idola yang kami idolakan,dari beberapa orang yang ditanyakan kesimpulannya adalah kami lebih mengidolakan orang lain. Kenapa tidak mengidolakan diri sendiri sebagai leader self ? Hal ini menyebabkan " Krisis Kepemimpinan " yang berakibat banyak anak muda tidak mempunyai kepemimpinan di dalam diri mereka.
      Self leadership dan kepemimpinan ada dalam kehidupan sehari - hari yang ada di dalam diri kita.Pak Seta bertanya kepada kami memilih bahagia atau sukses ? beberapa diantara kami ada yang milih bahagia dan ada pula yang memilih sukses.Sebenarnya kebahagiaan itu tidak usah di cari karena kebahagiaan bisa kita dapatkan dimana saja, contoh : jika ada seseorang yang mempunyai masalah tetapi dia kemudian merasa HAPPY itu yang di namakan kebahagiaan. Kesuksesan pun tidak tidak harus dicari ataupun di takuti , banyak orang - orang yang sukses dia merasa bahagia dan selalu kurang dan kurang dan ingin mencapai sesuatu yang lebih tinggi tetapi dia tidak diimpangi dengan mempunyai teman sehingga si seseorang yang sukses itu pun akan jatuh dan bisa juga dia mengalami syndrom.Jadi, kita harus dapat mengendalikan diri kita sendiri. Sebab kita hidup di dunia ini pasti mempunyai rasa takut sehingga bahagimana caranya untuk melawan rasa TAKUT itu ? dengan adanya self leadersift di dalam diri kita rasa takut kita akan di olah menjadi HAPPY.
       Jika kita memiliki 3 dasar mindset yaitu :
              Mind -> Leader -> Fear -> HAPPY
Seseorang akan mampu mengendalikan dirinya tanpa rasa takut. Sehingga ia dapat memipin orang lain.Dan dia berfikir sebagai pemimpin dia tidak akan sendirian karena banyak orang - orang disekitarnya yang mendukungnya.

Pemimpin adalah seseorang yang dapat memimpin dengan baik tanpa harus merasa takut dan selalu menjadikan sebuah masalah menjadi HAPPY dan berfikir bahwa dia tidak sendirian.
         Berakhirlah pelajaran mata kuliah psikologi industri. See you ... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar