Senin, 08 April 2013

Pertemuan 6 Psikologi Industri : Dunia Kerja untuk Lulusan Teknik Industri

      Pada hari rabu seperti biasa pertemuan psikologi industri,berbeda dengan pertemuan sebelumnya, pertemuan kali ini membahas dunia kerja lulusan teknik industri. Pada hakekatnya orang industri bekerja sebagai supervisor atau managerial. Tetapi ada diantara mereka yang membuat usaha sendiri atau pun melenceng dari apa yang mereka pelajari di perkuliahan di jurusan teknik industri. Dan di lulusan teknik industri pun banyak orang - orang hebat yang sukses dan dapat menginspirasi banyak orang. mereka adalah :
1. Ilon Igoa : Beliau seorang lulusan
Teknik Industri ITB mampu
mencapai jabatan pada eselon 2 pada usia 28 tahun. Saat ini beliau adalah konsultan.
2. Ahmad Ramdani Salim : Beliau
seorang lulusan Teknik Industri
ITB. Awalnya beliau bekerja pada
salah satu perusahaan tekstil
internasional yang ada diindonesia, saat ini beliau memiliki
perusahaan konsultan miliknya
sendiri.
3. Dadang Kadarusman. Beliau
seorang lulusan Teknik Industri ITB. sangat religi, beliau menjadi seorang menejer
termuda di dunia di perusahaan
obat Amerika.Sekarang menjadi direktur manager di aura tv
          Banyak orang - orang yang hebat dan kita sebagai lulusan teknik industri harus berfikir terbuka. Tidak hanya menjadi supervisor saja tetapi kita dapat bekerja dengan apa yang kita ingin kan. Dalam bekerja pasti ada kaitannya dengan organisasi,organisai itu sendiri adalah kumpulan orang yang mempunyai tujuan dalam suatu sistem yang terukur dan terstruktur. Didalam organisasi sendiri ada : orang, tujuan, sistem, terstruktur,terukur. Didalam tujuan ada : VISI dan MISI. Banyak perusahaan yang mengeluarkan biaya besar untuk visi dan misi mereka agar tujuan tercapai. Apa sih visi itu? Visi merupakan
tujuan - tujuan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang. Sedangkan Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh seseorang atau lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi. Visi dan Misi selalu berdampingan.
          Ada beberapa visi dan misi dari teman - teman saya untuk mencapai tujuan atau impiannya di masa yang akan datang,yaitu :
1. Produk kecantikan -> Kepuasan terhadap pelanggan
2. Tour & Travelling -> Keindahan dunia
3. Studio Film -> memberikan bobot yang baik bagi perfilman indonesia
4. TK -> ciptakan anak bahagia.
Sedangkan saya juga mempunyai impian seperti teman - teman saya yaitu membuat restaurant khas indonesia di luar negri dan mengenalkan masakan khas indonesia pada negri lain bahwa makanan indonesia itu tidak kalah dengan masakan - masakan luar negri.
 Visi merupakan hal yang terpenting dalam organisasi. Ini adalah beberapa yang harus kita tau tentang visi :
1. Visi juga harus mempunyai tolak ukur.
2. Dalam proses memulai pembuatan produk .
3. Dalam pencapain visi juga kita harus bekerjasama dengan orang yang mendukung visi kita karena jika bertolak belakang maka pencapaian visi kita tidak akan berhasil.
4. Visi kita akan tercapai apabila
adanya pembelajaran yang baik. Tetapi dalam setiap pembelajaran tidak selamanya baik, bisa saja dalam pembelajaran tersebut salah. contoh : Di negara maju seperti amerika, polandia,swiss mereka menerapkan sistem belajar pada anak SD hanya 3 jam sehari. Hanya 3 mata pelajaran yaitu : sejarah,matematika dan sains. Sisa waktu setelah mereka pergunakan untuk sekolah adalah bersosialisai di lingkungan sekitar. Sedangkan di indonesia anak SD sudah di bebani banyak mata pelajaran. Mereka lebih banyak belajar di sekolah dari pada di dunia luar. Sehingga pengetahuan yang mereka dapat tentang negaranya minim.Ironis ketika anak - anak luar negri dapat menceritakan tentang negaranya tetapi anak bangsa kita tidak dapat menceritakan apapun tentang negara kita yang indah dan kaya ini.
           Kesimpulannya adalah jangan takut untuk bermimpi setinggi langit, bermimpilah maka kamu akan mengejarnya sampai menjadikan mimpi kamu menjadi nyata denga usaha , komitmen , kerja keras dan doa :) . Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika kita ingin mencoba. Good Luck guys :) SEMANGAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar