Senin, 25 Maret 2013

Pertemuan Keempat Psikologi Industri

         Pada pertemuan ke empat mata kuliah psikologi industri kami di ajar oleh ibu bayu. Sebelum memasuki materi selanjutnya,bu bayu menjelaskan sedikit tentang motivasi yang telah di bahas minggu lalu. Ibu bayu menjelaskan kepada kamu bahwa karakteristik seseorang terbentuk 70% dari lingkungan sekitarnya.Selanjutnya ibu bayu memberikan materi baru yaitu kepuasan kerja dan komitmen. Apa itu kepuasan kerja? kepuasan kerja dimana perasaan seseorang mendukung atau tidaknya dalam suatu pekerjaan. Contohnya : ketika seorang pegawai tidak puas dengan kerjaannya dia akan keluar,sebaliknya jika seorang pegawai menyukai pekerjaannya dia tidak akan pindah dari kerjaannya malah dia merasa nyaman dengan apa yang dia kerjakan.
          Kepuasan itu sendiri erat kaitannyadengan nilai dan sikap. Ibu bayu memberikan catatan kepada kami tentang kaitan kepuasan kerja dan komiten,yaitu :
      1. Nilai
        Nilai merupakan keyakinan seseorang bertindak atau menghindari suatu tindakan, atau mengenai suatu yang pantas atau tidak pantas dikerjakan. Nilai dapat berupa sesuatu yang baik atau buruk dan benar
       A. Nilai Antar Budaya
Setiap negara maupun daerah memiliki budaya terhadap nilai yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh perbedaan keyakinan dan tradisi yang berlaku di wilayah tersebut.
         
            a. Jarak Kekuasaan
            b. Individualisme vs Kolektifisme
            c. Kuantitas Hidup vs Kualitas Hidup
            d. Orientasi Ketidakpastian
B. Dimensi Nilai Budaya Menurut “Globe”
           a. Kebebasan Berpendapat
           b. Orientasi pada Masa Depan
           c. Perbedaan Jenis Kelamin
           d. Penghindaran Ketidakpastian
           e. Individualisme vs Kolektivisme
           f. Kolektif dalam Kelompok
           g. Orientasi Kerja
           h. Orientasi Kemanusiaan

2. Sikap
      Komponen Sikap
         a. Kognitif
         b. Afektif/Perasaan.
         c. Perilaku
 Diakhir pertemuan,ibu bayu memberikan games kepada kami untuk melatih kepekaan. Bu bayu menyuruh kami untuk mencari partner untuk bermain games ini. Bu bayu menyuruh kami semua menutup mata dan menyuruh kami berbicara atau suit kepada partner kamu melalui hati,dan ketika hitungan ke 5 kami semua suit dan membuka mata. Saya dan partner saya sama sama sehati. Berakhirlah pertemuan ke empat kami.

1 komentar:

  1. Semangat pagi Novi...."biar lambat tetap berbagi ya..." anyway thanks sudah meluangkan waktu berharganya untuk berbagi...tetap semangat, semoga update info yang lainnya dapat segera ditayangkan...sdh g sabar nih..., salam SOBAT !

    BalasHapus