Senin, 11 Maret 2013

Part II : Pengertian Psikologi Industri

          Pada pertemuan kedua mata kuliah psikologi industri Pak seta menerangkan kepada kami pengertian psikologi industri dan apa hubungannya psikologi dengan dunia industri. Hubungan interaksi antara orang itu sendiri atau dengan orang lainnya itu yang di sebut psikologi industri.
Ilmu psikologi adalah ilmu yang ada di mana - mana termasuk dalam dunia industri karena ilmu psikologi merupakan ilmu terapan dan tumpang tindih dengan ilmu yang lainnya.
Pak seta bertanya kepada kami apakah kami sudah belajar tentang organisasi? jawaban kami ada sebagian yang sudah mengambil ada juga yang belum mengambil mata kuliah perancangan organisasi. Pak seta pun menjelaskan apa yang di maksud dengan organisasi.
         Organisasi itu sendiri artinya adalah kumpulan orang - orang yang ingin mencapai satu tujuan dalam suatu sistem. Dalam berorganisasi pertama kita akan membicarakan tentang perencanaan tujuan, Pak seta menjelaskan bahwa dalam suatu tujuan akan tercapai atau tidak dan yang pasti tujuan bersama. contohnya jika kita janjian menonton sebuah film dengan teman dan bisa menonton bersama . itu adalah sebuah kepuasan.
          Pak seta memberitahu kami bahwa dalam suatu perusahaan jika karyawan merasa senang dan nyaman mereka akan tinggal, dan sebaliknya jika mereka tidak merasa nyaman dan tidak senang mereka akan pindah,itu lah mekanisme kerja.
Pak seta memberitahukan kami bahwa dalam prilaku manusia 80% terbentuk dari lingkungannya, kedua family,ketiga opportunity/grup. Pak seta bertanya kepada kami, kita hidup di dunia ini tujuannya untuk apa ? dan banyak di antara kami yang mementingkan hidupnya sendiri dibandingkan orang lain. "Kita hidup di dunia ini bukan hanya untuk kesenangan sendiri tetapi untuk menjadi berguna bagi orang lain, tidak mungkin manusia hidup sendiri", jelas Pak seta.
          Dan berakhirlah pertemuan ke dua mata kuliah pelajaran psikologi industri bersama pak Seta Nugraha.

2 komentar:

  1. Terima kasih untuk berbagi pengalaman di dalam kelasnya ini, akan sangat lengkap dengan menambahkan definisi dari yang benar-benar ahli...ini akan menjadi bacaan yang akan menjadi referensi banyak orang...selamat berkarya, salam SOBAT - Semua Orang Bisa Hebat !

    BalasHapus
  2. wah makasih ya pak atas sarannya :D

    BalasHapus