Senin, 18 Maret 2013

PART III : MOTIVASI ( PSIKOLOGI INDUSTRI )

        Pada pertemuan ke tiga mata kuliah psikologi industri,kami di ajar oleh dosen wanita yang bermana ibu bayu. Ibu bayu adalah dosen psikologi industri,dia bilang bahwa dikelas psikologi industri memang ada 2 dosen yaitu pak Seta Nugraha dan ibu Bayu.
Ibu bayu langsung mulai masuk materi. materi yang kita bahas dipertemuan ke tiga adalah MOTIVASI. Apa sih motivasi itu? Ibu bayu menjelaskan kepada kami bahwa motivasi adalah proses yang berperan pada intensitas,arah dan lamanya berlangsung upaya individu ke arah pencapaian sasaran.
Adapun perbedaan motivasi dan motif,yaitu :
motivasi hanya ada pada manusia,sedangkan motif didasari pada kebutuhan dasar yg dimiliki oleh hewan.Hewan tidak mempunyai motivasi karena tidak mempunyai akal seperti manusia. Mereka hanya mempunyai insting dan naluriah.
     Ibu bayu menjelaskan kepada kami bahwa ada teori awal tentang motivasi yang sangat terkenal adalah teori A Maslow.
 
TEORI AWAL TENTANG MOTIVASI
1. TEORI HIRARKI KEBUTUHAN (A Maslow)
-> Biologis,misal : makan,minum,seks,dll
-> Keamanan,misal : Perlindungan
-> Sosial,misal : Mencintai,Persahabatan
-> Penghargaan/Harga Diri
-> Aktualitas diri

       Teman saya sempat bertanya kepada ibu bayu :Kalo motivasi hanya ada untuk manusia, tapi kenapa pinguin sangat setia kepada pasangannya?
Ibu bayu menjawab : Karena secara dari naluriah bukan dari akal. Pinguin diciptakan untuk setia kepada pasangannya. Tapi hewan yg lebih setia itu merpati,dia tidak akan mengganti pasangan sampai mati. Itu adalah kebutuhan bukan dari akal seperti manusia.
      Dan berakhirlah pertemuan ketiga dengan dosen wanita ibu Bayu dalam mata kuliah psikologi industri
     

1 komentar:

  1. "Kalo motivasi hanya ada untuk manusia, tapi kenapa pinguin sangat setia kepada pasangannya?"....hahahaha, great observer..thanks ya sempat merekam pertanyaan kritis ini...tetap berbagi ya...

    BalasHapus